Senin, 04 Juni 2012

Tugas Survey

Dalam rangka memenuhi tugas mata kuliah Psikologi Pendidikan 2011/2012 di Fakultas Psikologi Univeritas Sumatera Utara, saya akan mengadakan penelitian mengenai Kwik Survey yang sedang saya gunakan untuk membantu angket saya. Yang ingin saya teliti adalah bermanfaatkah website Kwik Survey bagi mahasiswa-mahasiswa yang memerlukan pembuatan angket. Hal ini juga berhubungan dengan mata kuliah Psikologi Pendidikan yang sedang saya ambil. Oleh karena itu, saya menyediakan 8 pertanyaan yang berkaitan dengan topik saya. Dan hasil dari survey saya dapat dilihat sebagai berikut


1.       dengan adanya fasilitas-fasilitas yang terdapat di kampus saya saat ini membuat saya semakin semangat untuk belajar.
Sangat setuju
Setuju
Netral
Tidak setuju
Sangat tdk setuju
6.12%
57.14%
30.61%
0%
6.12%

2.       fasilitas-fasilitas di kampus saya sudah mendukung proses pembelajaran dan mendorong semangat belajar saya
Sangat setuju
Setuju
Netral
Tidak setuju
Sangat tdk setuju
4.08%
40.82%
40.82%
8.16%
6.12%

3.       dengan adanya fasilitas yang lengkap dan mendukung akan membuat saya semangat dalam melaksanakan pembelajaran
Sangat setuju
Setuju
Netral
Tidak setuju
Sangat tdk setuju
18.37%
63.27%
12.24%
4.08%
2.04%

4.        saya merasa fasilitas yang ada di kampus saya saat ini sudah cukup memadai untuk mendukung proses pembelajaran
Sangat setuju
Setuju
Netral
Tidak setuju
Sangat tdk setuju
0%
40.82%
38.78%
16.33%
4,08%

5.        dengan adanya fasilitas yang lengkap tidak ada pengaruhnya terhadap semangat belajar saya
Sangat setuju
Setuju
Netral
Tidak setuju
Sangat tdk setuju
4%
10%
24%
52%
10%

6.       dibandingkan fasilitas-fasilitas secara konkrit, menurut saya dosenlah yang lebih berperan dalam mendorong minat belajar saya
Sangat setuju
Setuju
Netral
Tidak setuju
Sangat tdk setuju
6.12%
61.22%
28.57%
4.08%
0%

7.        dibandingkan fasilitas-fasilitas secara konkrit, menurut saya terdapat faktor-faktor lain selain orang tua yang lebih mendorong minat belajar saya
Sangat setuju
Setuju
Netral
Tidak setuju
Sangat tdk setuju
16.33%
53.06%
30.61%
0%
0%

8.       menurut anda apa sajakah fasilitas-fasilitas yang perlu ditambahkan atau ditingkatkan pada kampus anda?
8.1.    Wifinya kalau bisa jangan ngadat :)
8.2.    AC, microfon
8.3.    koneksi wi-fi
8.4.    sejauh ini semua fasilitas cukup memadai hanya peralatannya kadang-kadang tidak dapat digunakan dengan semestinya.
8.5.    Wifinya kalo bisa ditingkatkan diseluruh tempat dikampus jangan ditempat tertentu saja :D
8.6.    Sinyal wifiiiiii!
8.7.    AC dikelas perlu diperbaiki, agar fungsinya dapat dirasakan saat beajar.
8.8.    wifi,ac merata tiap kelas
8.9.    lab komputer dan wifi
8.10.Bangun tuh gedung belakang... biar ada kan laboratorium kita buat penelitian anjingnya si Ivan Pavlov ataw tikusnya si BF. skinner... :D
8.11.Internet, ruangan ber-AC :P
8.12.Apa saja yang bisa mendukung proses belajar mengajar
8.13.AC 5 buah
8.14.wifi AC
8.15.wifi dan lapangan olahraga 

Data diatas diisi oleh 47 orang secara complete, sedangkan 3 orang lagi secara incomplete. Adapun hasil dan kesimpulan yang dapat saya tarik berdasarkan survey saya adalah:
  • Fasilitas-Fasilitas masih dianggap belum cukup memadai dalam mendukung proses belajar mengajar.
  • dengan adanya fasilitas-fasilitas yang lengkap dan memadai akan mendorong semangat belajar mahasiswa.
  • Sebaginan besar peserta merasa bahwa dosenlah yang sebenarnya lebih berperan dalam mendorong semangat belajar peserta dibanding fasilitas-fasilitas secara konkrit. selain dosen juga terdapat faktor-faktor lain yang jauh lebih penting dibanding fasilitas dalam mendorong semangat belajar peserta
  • dapat dilihat dari pertanyaan terakhir para peserta masih menginginkan fasillitas-fasilitas di kampus lebih ditingkatkan atau ditambah agar mereka lebih semangat dalam proses pembelajaran di kampus

Testimonial saya pribadi: 

Saya setuju dengan mayoritas hasil survey saya bahwa fasilitas-fasilitas di kampus masih kurang lengkap dan kurang memadai dapat dilihat dari banyaknya fasilitas yang tidak berfungsi dengan baik. dapat dilihat bahwa para mahasiswa berharap akan adanya peningkatan dan pembaharuan fasilitas di kampus agar proses pembelajaran dapat berjalan dengan lebih baik dan lancar. selain itu saya juga setuju bahwa terdapat faktor-faktor lain yang lebih mempengaruhi semangat belajar daripada fasilitas-fasilitas itu sendiri. tetapi menurut saya faktor-faktor lain tersebut biasanya diluar kemampuan kita untuk mempengaruhinya. sehingga peningkatan fasilitas di kampus tetap merupakan sesuatu hal yang sangat diperlukan



Tidak ada komentar:

Posting Komentar